Terkoplak-koplak

Information blog



CALIFORNIA - Sekira 82 persen software open source (OSS) yang ada saat ini diketahui kompatibel dengan sistem Operasi Windows. Padahal, pada tahun 2005 hanya 72 persen software open source yang mendukung windows.

Hal itu didasarkan pada data statistik yang dikeluarkan Geeknet Network seperti dilansir Softpedia, Sabtu (13/3/2010).

"Peningkatan jumlah ini merupakan sebuah kabar baik, dengan demikian sekira 350 ribu OSS kompatibel dengan windows, saat ini hampir terdapat sekira 433 ribu proyek pengembangan OSS," ujar Scott Collison, Senior Director of Platform Strategy Microsoft.

Selain itu, Collison mengatakan yang lebih menarik ialah fakta bahwa Windows merupakan sistem operasi yang mampu digunakan untuk 10 unduhan teratas di SourceForge. Kesepuluh OSS yang sering diunduh via SourceForge diantaranya, eMule, Azureus/Vuze, Ares Gallery, 7-Zip, Filezilla, GTK+ and Gimp Installer for Windows, Audacity, PortableApps.com: Portable Software/USB, DC++, and BitTorent.

Sourceforge merupakan situs yang mengatur pengembangan perangkat lunak dan pengendalian versi yang dikerjakan secara bersama-sama. Setiap orang dapat mengajukan proyek pengembangan software sesuai dengan Ide barunya. Kalau proyek disetujui oleh pengurus Source forge, maka akan diberikan ruang penyimpanan untuk software dan website di server source forge. Pengendalian versi dapat menggunakan Subversion. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "82% Software Open Source Kompatibel dengan Windows"

Posting Komentar