Terkoplak-koplak

Information blog



LONDON - Sebuah aplikasi mobile untuk iPhone bernama iResus, dapat membantu para pekerja medis menyelamatkan nyawa seseorang dari serangan jantung.

Penciptanya, Daniel Low seorang konsultan anestesi di Royal United Hospital di Bath, Inggris menyebutkan, iResus diciptakan untuk mengurangi terjadinya risiko human error.
Layar ponsel akan menampilkan semacam checklist, berisi hal-hal yang harus dilakukan ketika menghadapi pasien serangan jantung yang tengah kritis.

“Langkah-langkah tersebut akan bergantung pada usia dan kondisi pasien. Ada pula langkah penyelamatan yang bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun,” kata Low.

Dilansir Daily Mail, Rabu (17/3/201)) iResus diprediksi menjadi aplikasi iPhone populer untuk kepentingan medis. Pada minggu pertama perilisannya, hampir 2.500 orang, terutama para dokter di Inggris mengunduh aplikasi tersebut. Jumlahnya mencapai lebih dari 1.200 unduh per minggu sejak diperkenalkan.

Low terilhami membuat program aplikasi tersebut setelah menggeluti pekerjaan sebagai pilot helikopter ambulan udara untuk militer.

Selama melakukan penerbangan untuk menyelamatkan korban terluka, para awak helikopter membutuhkan kartu intruksi yang dikenal dengan nama flight reference charts. Kartu instruksi ini memberikan tuntunan kepada tim medis di helikopter menyelamatkan pasien yang tengah kritis dan mengurangi terjadinya human eror.

“Meski para dokter dan perawat terlatih untuk menangani pasien penyakit jantung, pada kenyataannya situasi yang mereka hadapi setiap harinya tidak akan pernah sama. Saya rasa, pekerja medis maupun pasien akan sangat terbantu dengan aplikasi bermanfaat ini,” tandas Low. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Aplikasi iPhone Bantu Tangani Pasien Serangan Jantung"

Posting Komentar