Terkoplak-koplak

Information blog



JAKARTA - Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer mengucapkan selamat atas penghargaan In-Situ Conservation Award yang diterima oleh Kebun Binatang Perth, atas Program Perlindungan Kehidupan Liar dan Ekosistem Bukit Tigapuluh di Sumatra Timur.

"Penghargaan ini sudah sepantasnya. Banyak pekerja profesi Indonesia dan Australia telah bekerja keras untuk keberhasilan proyek ini," ujar Dubes Farmer.

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Australia, Kamis (25/3/2010), disebutkan bahwa Kebun Binatang Perth memenangi penghargaan nasional atas karya konservasi di habitat aslinya untuk melindungi spesies yang paling terancam di dunia, khususnya orangutan Sumatera yang berhabitat  di Sumatera.

"Ekosistem Bukit Tigapuluh merupakan program pengembalian orangutan Sumatera yang pertama di dunia. Keberhasilan proyek ini menjadi bukti kemitraan lingkungan hidup yang telah didirikan oleh Pemerintah Australia dan Indonesia dan lembaga-lembaga non-pemerintah," tutur Farmer.

Sementara itu, Kepala Kebun Binatang Perth Susan Hunt menyebutkan, program ini merupakan program berkelanjutan untuk melindungi satu-satunya taman nasional Indonesia yang mempunyai perwakilan lengkap mega-fauna Sumatera, termasuk kera besar, orangutan Sumatera yang paling terancam di dunia, dan harimau Sumatera yang terancam musnah.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan rumah untuk program pengembalian orangutan Sumatera yang bertujuan untuk membangun kembali populasi spesies yang terancam ini di kehidupan liar.

Penghargaan In-Situ Conservation Award diumumkan oleh Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium pada upacara penghargaan 2010 di Victoria, Australia, pekan lalu. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Australia Ikut Lestarikan Orangutan Sumatera"

Posting Komentar