Terkoplak-koplak

Information blog



BANGALORE - Pendiri Microsoft, Bill Gates menggandeng perusahaan IT Toshiba untuk membangun reaktor nuklir generasi terbaru, yang mampu beroperasi selama 100 tahun, tanpa harus mengisi ulang energi.

Dilansir melalui Times of India, Jumat (26/3/2010), Gates akan bekerja sama dengan Toshiba melalui perusahaannya yang bernama TerraPower. Keduanya akan fokus membuat Traveling-Wave Reactor (TWR) yang menggunakan tabung uranium sebagai asupan energi.

TWR sendiri akan dibangun dengan kapasitas yang beragam, dari 100.000 kilowat sampai 1 juta kilowat, atau sama dengan hasil pengeluaran pembangkit listrik yang selama ini digunakan.

Perusahaan teknologi asal Jepang itu dikabarkan telah mendesain reaktor ultra-kompak yang dikenal dengan nama Super-Safe, Small and Simple (4S), dan mampu beroperasi selama 30 tahun lamanya. Pembangkit listrik biasa, kebanyakan membutuhkan isi ulang energi selama beberapa tahun sekali.

Toshiba berharap secepatnya mendapatkan persetujuan untuk desain 4S dari regulator energi di AS sehingga mereka dapat langsung memulai konsstruksi pada tahun 2014. 4S diperkirakan mampu mengeluarkan output energi sebesar 10.000 kilowat.

Nantinya, 4S akan menjadi teknologi dasar dari TWR karena sekira 80 persen dari sistem dan teknologi 4S dapat diaplikasikan ke TWR. Di sini, Gates akan berperan sebagai penyandang dana untuk mengembangkan TWR. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Bill Gates Bangun Reaktor Nuklir"

Posting Komentar