Terkoplak-koplak

Information blog



MOSKOW - Warga Rusia percaya kalau pemerintahnya sangat menjaga segala sesuatu yang berbau kemewahan. Tapi ketika kementerian dalam negeri Rusia mengumumkan rencana untuk membeli tempat tidur emas, sejumlah lapisan langsung melakukan kecaman.

Disaat media yang dimiliki segelintir kelompok tertentu terlihat mengalihkan isu negara tersebut ke arah lain, maka sekelompok orang yang menyebut dirinya sebagai blogger menantang para birokat korup tersebut, bukan dengan senjata melainkan guratan pena.

Rata-rata blog mereka secara tak terduga telah menarik popularitas, yang mencerminkan kemarahan mendalam karena perilaku pejabat dalam pemerintahan Perdana Menteri Vladimir Putin.

"Saya sebetulnya tidak berharap blog menjadi begitu populer," kata Alexander Malyutin, yang mengelola sebuah blog yang ditujukan untuk membuka tender pemerintah yang mencurigakan, termasuk kementerian dalam negeri yang terkenal dengan pembelian tempat tidur emas-nya.

Di dalam blognya, Malyutin menuliskan bahwa Agustus lalu kementerian dalam negeri Rusia mengumumkan rencana untuk membeli mebel senilai 24 juta rubel atau sekira USD800 ribu , termasuk tempat tidur yang ditutup dengan lapisan tipis emas 24 karat.

Sejumlah blogger dan wartawan tertentu yang membongkar rencana tersebut mengolok-olok tempat tidur yang diperlukan untuk penginapan VIP khusus di Moskow di mana tempat pejabat asing yang datang ke Rusia menginap. Demikian yang dikutip AFP, Senin (15/3/2010).

Tahun lalu, Rusia menempati peringkat 146, di samping Zimbabwe dan Sierra Leone, dalam daftar korupsi di negara-negara di seluruh dunia yang disusun oleh pengawas korupsi global Transparency International.

"Ini yang menyebabkan negara menjadi berantakan," kata Malyutin.
(okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Blogger Rusia Bersekutu Lawan Koruptor"

Posting Komentar