Terkoplak-koplak

Information blog



LONDON – Ilmuwan dari University of London’s Institute of  Education membuat kesimpulan hasil penelitian yang menyebutkan, wanita memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan pria.

Bahkan disebutkan pula bahwa daya ingat wanita akan terus meningkat seiring pertambahan usia. Sebaliknya, daya ingat pria justru semakin memburuk.
Namun kesimpulan ini belum menemukan alasan yang tepat untuk menjelaskan mengapa daya ingat wanita lebih tajam. Diduga, estrogen merupakan salah satu faktor yang berada di balik rahasia ini.

Dilansir Daily Mail, Rabu (17/3/2010), studi ini melibatkan 10.000 pria dan wanita dari Skotlandia, Inggris dan Welsh untuk diteliti kemampuan daya ingatnya. Peneliti menganalisa data riwayat kesehatan dan perkembangan mereka sejak mereka lahir di minggu yang sama pada tahun 1958. Saat menginjak usia 50 tahun, mereka kemudian diminta untuk mengikuti tes daya ingat dan uji coba lainnya. 

Pada uji coba pertama, mereka diminta mendengarkan 10 kata setiap hari dan diberi waktu dua menit untuk mengingat kata sebanyak mungkin. Lima menit kemudian, mereka diminta menuliskan kembali sepuluh kata yang telah mereka ingat. 

Salah satu peneliti, profesor Jane Elliot menyebutkan, percobaan ini menunjukkan perempuan lima persen lebih tinggi dalam kemampuan menyebutkan kata sebanyak mungkin. “Mereka pun delapan persen lebih tinggi untuk bisa menuliskan kembali kata yang mereka ingat ketimbang pria,” kata Elliot.

Elliot menyebutkan, perbedaan hasil tes daya ingat ini tetap sama setelah melibatkan faktor lain seperti kesehatan dan tingkat pendidikan. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Daya Ingat Wanita Lebih Tajam Ketimbang Pria"

Posting Komentar