Terkoplak-koplak

Information blog

iPad Ancam Dominasi Kindle

Posted by Surya Oktafendri 0 komentar



SAN FRANSISCO - Sebelum iPad muncul, Amazon sempat mendominasi pasar ebook reader. Kini Apple mulai menggempur Amazon, baik dari sisi perangkat maupun toko buku digital.

Jika dibedakan, Kindle memang memiliki harga lebih murah ketimbang iPad. Kindle sekira USD259 sedangkan iPad mencapai USD499. Namun dari sisi fitur dan tampilan, iPad memang lebih cihuy ketimbang Kindle.

Layar Kindle hanya menampilkan teks abu-abu dan putih, sedangkan iPad lebih berwarna lengkap dengan ikon-ikon menu yang menarik. Belum lagi dari sisi fitur, Kindle didominasi dengan kemampuan membaca teks saja, sedangkan iPad memungkinkan akses internet dan musik, serta menyimpan data lebih dari sekedar teks dan gambar.

Jika iPad berhasil menarik perhatian para peminat gadget, maka Kindle mungkin tidak akan mampu bertahan, meski Amazon masih bisa. Pasalnya, selain mendapatkan konten buku digital melalui download di iBookstore, iPad juga memungkinkan penggunanya untuk mendownload buku digital melalui Amazon. Dari sini, Amazon masih bisa mendapatkan uang.

Namun keberadaan buku digital Amazon sendiri mulai menuai kritik dari para penerbit buku. Pasalnya, Amazon hanya menjual buku senilai USD9,99 yang dianggap cukup murah bagi penerbit sehingga turut berimbas pada imej buku yang dijual. di iBookstore, yang baru akan diluncurkan setelah iPad keluar, dibandrol dengan harga USD14,99 per download.

Jika hal ini terus berlangsung dan Amazon tidak meningkatkan kualitas Kindle dan konten buku digitalnya, setidaknya Apple telah bersiap merebut pasar Kindle dalam waktu dekat.

Hal yang sama juga akan terjadi pada eReader lain seperti Nook besutan Barnes & Nobles, atau Samsung E6 dan eReader milik vendor lainnya. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "iPad Ancam Dominasi Kindle"

Posting Komentar