Terkoplak-koplak

Information blog



SAN FRANSISCO - YouTube telah dibeli Google pada tahun 2006 lalu. Cukup besar kocek yang dikeluarkan Google. Lalu berapa besar saham yang dimiliki masing-masing pendirinya saat itu?

Saat didirikan pada Februari 2005, YouTube mulai menunjukkan pamornya sebagai trensetter penyedia layanan berbagi video di internet. Dalam kemunculannya, ada tiga orang yang berjasa mendirikan YouTube, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim.

Ketiga orang mantan karyawan PayPal itu cukup berjasa dalam sejarah YouTube. Tidak heran jika kemudian mereka mendapatkan bagian yang cukup besar atas hasil penjualan situs video sharing itu ke Google senilai USD1,65 miliar.

Dilansir melalui TechCrunch, Jumat (19/3/2010), sebelum diakuisisi Google, ketiganya memiliki jumlah saham yang berbeda-beda. Chad Hurley, dilaporkan memiliki saham terbanyak, sekira 20 persen atau mencapai USD334 juta. Teman Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim, masing-masing memiliki saham sebesar USD301 juta dan USD66 juta.

Tidak hanya ketiga pendirinya, YouTube pun berbaik hati memberikan saham kepada desainer interface-nya dengan nilai sekira USD9,09 juta. Saham yang lebih besar dari ketiganya tentu saja menjadi milik para penyuntik dana. Sequoia Capital misalnya, menguasai 31 persen saham YouTube, atau senilai USD526 juta. Sedangkan Artis Capital mencapai USD85 juta.

Dari laporan saham yang ada, Chad Hurley memang memiliki saham besar di YouTube, kedua terbesar setelah Sequoia Capital. Tidak heran jika kemudian ia dikabarkan menikmati hasil yang cukup besar saat akuisis YouTube oleh Google.

Laporan tersebut terkuak setelah adanya perseteruan antara Viacom dan YouTube. Dalam dokumen itu juga diperlihatkan, sekira 500 juta video telah diupload ke YouTube dalam kurun waktu tersebut. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Jual YouTube, Bagian Chad Hurley Terbanyak"

Posting Komentar