Terkoplak-koplak

Information blog



CALIFORNIA - Mesin pencari Google dituding mulai melakukan diskriminasi dalam pencariannya. Bila seseorang pengguna mengetik kata 'why' untuk pencarian maka akan muncul kalimat 'Why are black people so ugly?'

Kalimat tersebut muncul diantara kalimat-kalimat terkait dengan pencarian yang berhubungan dengan kata 'why'. Kalimat tersebut umumya dikenal sebagai kalimat saran untuk membantu pencarian.

Namun, Google telah menghilangkan kalimat bernada rasis tersebut dari mesin pencarinya. Demikian dilansir Telegraph, Selasa (23/3/2010).

Seorang pengguna asal Inggris, Warren Degallerie mengungkapkan kejadian tersebut.

"Ketika saya sedang membantu keponakan saya mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR), saya melihat kalimat tersebut di kotak pencarian. Saya tak mengerti mengapa kejadian itu bisa terjadi,' ujar Warren.

Mengetahui hal itu, Warren pun langsung mengontak sebuah harian terkenal di Inggris yang kemudian memberitahukan hal itu kepada Google agar segera memperbaikinya. Setelah diperbaiki kalimat 'Why are black people so ugly?' itu pun hilang dan tergantikan dengan kalimat 'why am i tired" atau "why do cats purr" ketika pengguna mengetik kata 'Why'.

Juru bicara Google mengungkapkan, Google Suggest merupakan fitur yang ditujukan untuk memudahkan seseorang melakukan pencarian. Umumnya kata atau kalimat saran tersebut didasarkan pada kata atau pencarian sebelumnya. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Mesin Pencari Google Dituding Rasis"

Posting Komentar