Terkoplak-koplak

Information blog



JAKARTA - Malam ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan meluncurkan mobil observasi keliling yang diberi nama NUMO, akronim dari Nahdlatul Ulama Mobile Observatory.

NUMO adalah seperangkat teleskop yang ditempatkan dalam sebuah mini bus yang dirancang memiliki atap geser (Sun Roof) sehingga memungkinkan orang di dalam mobil bisa memantau langit dengan teleskop tersebut.

Profesor riset astronomi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, yang akan turut menghadiri peluncuran NUMO malam ini, menyambut gembira kehadiran perangkat tersebut.

"Saya harap kehadiran fasilitas ini dapat lebih memudahkan sosialisasi pengetahuan astronomi di kalangan santri," kata Thomas ketika berbincang dengan Okezone, Rabu (10/3/2010).

Thomas mengungkapkan, instrumen tersebut dikembangkan oleh Hendro Setyanto, santri NU sekaligus lulusan astronomi ITB yang sebelumnya pernah bekerja di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung.

Berdasarkan keterangannya, mobil NUMO dilengkapi sebuah teleskop, satu kamera dan seperangkat multimedia yang bisa menayangkan hasil pengamatan astronomi. Perangkat ini tentunya bisa juga dimanfaatkan untuk melihat hilal.

"Saya rasa NUMO adalah satu terobosan yang kreatif. Selama ini, orang harus pergi ke observatorium atau tempat khusus untuk melakukan pengamatan bintang. Tapi dengan NUMO, perangkatnya yang akan mendatangi kita. Jadi lebih memudahkan," tandas Thomas.

Peluncuran NUMO malam ini akan dihadiri Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan dapat disaksikan masyarakat umum, karena akan ada demontstrasi NUMO. Menteri Agama, Menteri Komunikasi dan Informatika serta Menteri Pendidikan Nasional pun dijadwalkan hadir dalam acara yang akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB ini. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "NU Kini Punya Teropong Bintang Keliling"

Posting Komentar