Terkoplak-koplak

Information blog



LONDON - Spesies misterius yang diduga merupakan nenek moyang manusia telah ditemukan di sebuah gua di Siberia selatan.

Spesies yang kemudian diberi nama X-Woman itu diperkirakan hidup pada masa puluhan ribu tahun silam. Dilansir Daily Mail, Kamis (25/3/2010), temuan ini bisa merombak urutan nenek moyang manusia setelah melakukan analisa DNA dari tulang jari spesies tersebut yang telah difosilkan.

Para ahli percaya, jari tersebut milik seorang anak kecil yang mati sekira 30.000 hingga 48.000 tahun lalu. Diperkirakan, pada masa itu hanya ada dua spesies manusia purba, yaitu cikal bakal manusia modern dan Neanderthals. Namun bukti DNA yang dipublikasikan dalam jurnal Nature mengungkapkan ada tiga spesies pada masa itu.

"Kode DNA X-Woman sangat berbeda dari Neanderthals dan manusia modern. menyebutnya sebagai makhluk baru yang belum pernah ada sebelumnya," ujar salah satu ilmuwan bernama Svante Paabo.

Para ilmuwan yang menemukannya tidak bisa menggambarkan dengan rinci bagaimana rupa X-Woman sesungguhnya. Pun, mereka tidak yakin apakah dia berjenis kelamin pria atau wanita. Paabo menyebutkan, mereka menamakannya X-Woman karena temuan mitokondria di pada DNA jari spesies tersebut, yang kemudian dihubungkan dengan gender wanita. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Spesies Baru Nenek Moyang Manusia Ditemukan"

Posting Komentar