Terkoplak-koplak

Information blog



LONDON - Uang memang bisa membuat orang bahagia. Namun, hal itu hanya berlaku jika jumlah uang tersebut lebih banyak dari yang dimiliki teman dan tetangga di lingkungan Anda.

Memiliki rumah impian, mobil beserta supir yang siap mengantar kemana saja, dan uang dalam jumlah berjuta-juta di bank tidak akan menghentikan keinginan seseorang untuk bisa melebihi tetangga yang lebih kaya. Ketika tetangga memiliki materi yang lebih banyak, orang-orang seperti ini akan merasa malang.

Dilansir Daily Mail, Selasa (23/3/2010), ahli psikologi melihat tingkat kebahagiaan yang dirasakan oleh 10.000 warga Inggris yang mengikuti survei British Household Panel Survey. Tingkat kebahagiaan ini kemudian dibandingkan dengan besaran pendapatan mereka.

Hasilnya memperlihatkan, meski besaran gaji tak kalah penting, nyatanya tingkat kepemilikan materi di masyarakat lebih banyak berpengaruh, dan itulah yang terjadi di lingkungan bertetangga.

"Standar hidup setiap individu terus meningkat sejak 40 tahun lalu dan terus meningkat hingga sekarang," kata peneliti Chris Boyce dari University of Warwick.

"Memiliki uang satu juta poundsterling setahun dirasa tidak cukup membuat Anda bahagia, jika Anda tahu teman Anda memperoleh dua juta poundsterling setahun," terangnya.

Boyce khawatir, banyak dari orang-orang seperti ini berlomba memperoleh lebih banyak uang sebagai jaminan membangun hubungan yang kuat dengan tetangga.

"Jika Anda mendapatkan sejumlah uang dalam besaran yang cukup fantastik, seketika Anda akan merasa dikelilingi oleh orang-orang yang makmur," kata Boyce.

Boyce menyarankan agar setiap orang berhenti bersaing dalam hal materi dengan tetangga atau teman mereka. Menurutnya, bersaing soal materi dengan tetangga sangat buruk bagi kesehatan. Peringatan ini bukan yang pertamakalinya dikemukakan oleh para peneliti. Hasil riset sebelumnya pernah menyebutkan, mereka yang merasa iri dengan kesuksesan temannya cenderung mudah terkena penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit berat lainnya. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Uang Memang Bisa Buat Orang Bahagia"

Posting Komentar