Terkoplak-koplak

Information blog



SHANGHAI - Raksasa mesin pencari, Google diberitakan akan segera menghentikan operasionalnya di China pada tanggal 10 April 2010. Jika terbukti, maka pernyataan Google pada Januari untuk hengkang akan benar-benar teralisasi.

Pernyataan tersebut terungkap di harian China Bussiness News beberapa waktu lalu. Google tak menyepakati keinginan pemerintah China yang menginginkan agar Google menyensor setiap pencarian terkait politik seperti tragedi Tiananmen atau Kemerdekan Xinjiang.

Sebelumnya, Google merasa berang dengan ulah Hacker China yang membobol sejumlah akun gmail milik para aktivis HAM dan jurnalis asing. Demikian dilansir AFP, Jumat (19/3/2010).

"Kami telah mempelajari dan melakukan penyelidikan bahwa Google akan meninggalkan China pada 10 April, tapi kami belum mendapatkan konfirmasi dari Google hingga saat ini," tulis China Bussiness News yang mengutip sumber dari agen iklan rekanan Google.

Sejumlah agen iklan yang merupakan rekanan Google sebelumnya juga telah mengirim surat kepada raksasa mesin pencari tersebut, agar Google tidak menutup layanannya (google.cn). Penutupan google.cn akan mengancam bisnis mereka, bila akan hengkang dari China, Google diminta untuk memberikan kompensasi yang akan diberikan Google.

Surat itu dikirim oleh 27 perusahaan yang menjual hak beriklan di laman Google. Surat ini dikirim pada Senin, 15 Maret 2010 kepada kepala tim pemasaran Google China, John Liu. Surat ini juga dipublikasikan dalam laman stasiun televisi resmi China. (okezone.com)

Categories:

0 Response for the "Google Hengkang dari China 10 April?"

Posting Komentar